Senin, 05 Maret 2012

Istilah-Istilah Pergaulan Anak Muda Aceh

Ada banyak sekali istilah-istilah yang menarik dalam pergaulan anak-anak muda di Aceh saat ini. Entah siapa yang memulai, sehingga istilah-istilah ini menjadi trend tersendiri dalam keseharian di kalangan Anak-anak Remaja, Anak muda, bahkan juga hingga orang-orang tua di Aceh pun sering menggunakan istilah ini.

1. Hana Peng Hana Inong

Istilah ini sudah terkenal dimana-mana, “Hana Peng, Hana Inong” yang artinya, “ga ada duit, ga ada cewek”. 
2. Eh Malam
Istilah ini sudah terkenal di kalangan anak-anak muda yang aktif dan dinamis. Jadi kalau Bang Rhoma terkenal dengan bergadang jangan bergadang, anak-anak muda di Aceh cukup bilang, “Eh malam” yang artinya Tidur Malam.

3. Bek Malee-Malee

Istilah ini artinya “Jangan Malu-malu”, mengajarkan kita walaupun narsis jangan berlebihan, tapi sebagai anak muda kita jangan malu-malu juga, kalau punya potensi diri yang besar, tunjukkan, tunjukkan kalau kita bisa! Tau ga kenapa Dinosaurus itu punah dari muka bumi ini? karena mereka malu-malu, jadi jangan sampai kejadian kita punah karena malu. *bener-bener ga ilmiah ini*

 4. Cang Panah
Istilah ini agak sulit diartikan secara harfiah (padahal aku sendiri ga tau arti harfiah itu apa). Boh Panah itu sendiri artinya Buah Nangka, nah, kalau kita kebanyakkan makan buah nangka apalagi sendirian siap-siap terkentut-kentut. Jadi, istilah diberikan kepada orang-orang yang banyak sekali obrolannya tapi ga ada isinya. Alhasil tidak ada garansi uang kita bisa kembali.

5. Cet Langet
Istilah ini artinya “Seperti Mengecat Langit”, kalau dalam peribahasa Indonesia, “seperti membuang garam ke dalam lautan”, pekerjaan yang sia-sia. Punya mimpi sah-sah aja, bagus malah, tetapi mimpi yang seperti apa yang bisa kita realisasikan, kalau sudah berlebihan, tinggal bilang, “cat langeeeet….”


6. Bek Lagee Jampok
Istilah ini sudah terkenal sejak dulu kala, mungkin sewaktu nenek-nenek kita masih remaja. Sebenarnya istilah Bek Lagee Jampook ini kalau diartikan secara bahasa artinya, “Jangan Seperti Burung Hantu”, namun kalau diartikan secara ilmiah gauliah, artinya “Jangan Narsis ya”. Sejarah mengatakan, pada jaman dulu kala, dalam sebuah hikayat Aceh, di sebuah rimba, sedang ada kumpul binatang, binatang-binatang ini sedang berunding untuk memilih pemimpin mereka, tiba-tiba saja Burung Hantu (Jampok) mengajukan diri dengan mengatakan kelebihan-kelebihannya, mulai dari bentuk wajah, paruhnya yang indah, dan lain-lain. sejak saat itulah muncul istilah “Bek Lagee Jampok!”, tapi sekarang istilah itu digunakan buat siapa saja yang narsis, walaupun ada istilah, no narsis,no eksis. :)

7. Gabuk Manok Gabuk Itek

Istilah ini artinya “Sibuk Ayam, Sibuk Itik” kalau secara gauliah artinya “Suka ikut-ikutan”. Melihat tetangga sudah punya mobil baru, kita juga punya yang sama atau lebih, tetangga punya kulkas baru, sibuk juga pengen punya. Jadi kesimpulannya, jadilah diri sendiri, jangan suka ikut-ikutan, apalagi kalau yang diikuti itu jelek dan tidak sesuai dengan hati nurani kita.

8. Jak Lom U Banda

Jak lom u banda…..kata2 yang pernah populer di aceh pada tahun 2007-2008 dan sekarang ini tahun 2009 hingga kini sudah berganti dengan kata slogan baru yang masih ngetop2nya di aceh..”eh malam..”…sejenak saya berpikir jak lom u banda, merupakan sebuah kalimat jenis kutukan dengan irama halus diucapkan dengan intonasi yang keras kerap diucapkan masyarakat aceh dalam keadaan sadar dan tidak sadar dalam kehidupan sehari2. 


Read more: http://www.atjehcyber.net/2011/11/istilah-istilah-pergaulan-anak-muda.html#ixzz1oMyrqiAI

0 komentar:

Poskan Komentar